RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Tema : Pekerjaan
Mata pelajaran terkait :
Bahasa Indonesia, Pkn, IPS.
Jenjang Pendidikan :
Sekolah Dasar
Kelas/Semester : 3/II
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
A. Standar kompetensi
IPS
2.
Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
Bahasa Indonesia
4.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan
puisi
PKn
3. Memiliki harga diri sebagai
individu
B. Kompetensi Dasar
IPS
2.1 Mengenal jenis-jenis pekerjaan
Bahasa Indonesia
4.2 Melengkapi puisi anak berdasarkan
gambar
PKn
3.2 Memberi contoh bentuk harga
diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelebihan dan kekurangan diri
sendiri dan lain lain
C. Indikator
1.
Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang ada di
lingkungan sekitar
2.
Menjelaskan jenis-jenis pekerjaan yang ada
dilingkungan sekitar
3.
Mengidentifikasi puisi anak.
4.
Membuat puisi yang dengan tema pekerjaan
5.
Membacakan puisi yang berhubungan dengan
pekerjaan.
6.
Menganalisis kelebihan dan kekurangan teman
dalam membaca puisi
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa mampu menyebutkan jenis-jenis pekerjaan
yang ada di lingkungan sekitar setelah guru mengajukan pertanyaan.
2.
Siswa mampu menjelaskan jenis-jenis pekerjaan
yang telah disebutkan setelah penugasan dari guru.
3.
Siswa mampu mengidentifikasi puisi anak, setelah
melihat contoh puisi yang diberikan oleh guru.
4.
Siswa mampu membuat puisi setelah melihat gambar
yang disediakan guru.
5.
Siswa mampu membacakan puisi yang telah dibuat,
setelah mendapat perintah dari guru.
6.
Siswa mampu menganalisis kelebihan dan
kekurangan teman setelah pembacaan puisi.
E. Materi Pembelajaran
·
Jenis-jenis pekerjaan
·
Puisi
F. Langkah Pembelajaran
1.
Pra
Kegiatan
a.
Salam Pembuka
b.
do’a
c.
Presensi
2.
Kegiatan
awal
a.
Apersepsi
Siswa dikondisikan siap
belajar dengan menyanyikan lagu “abang tukang bakso”
b.
Eksplorasi materi
Guru melakukan tanya jawab
tentang materi yang akan dipelajari.
“Anak-anak, ada yang tahu
kita hari ini akan belajar apa?”.
“Ya, hari ini kita akan belajar tentang jenis-jenis
pekerjaan.
c.
Eksplorasi tujuan
Guru melakukan tanya
jawab tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai hari ini. Guru juga
mengemukakan manfaat materi yang akan dipelajari.
3.
Kegiatan
inti
·
Siswa menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang
mereka ketahui
·
Siswa menerima LKS dari guru
·
Siswa mengisi LKS dari guru
·
Siswa membentuk kelompok, setiap kelompok
terdiri dari 2-3 siswa.
·
Guru menyiapkan gambar sesuai dengan tujuan
·
Siswa diminta mengamati gambar
·
Siswa yang telah dikelompokkan menganalisa
gambar dan membuat puisi dari gambar tersebut.
·
Setiap kelompok membacakan hasil diskusinya
·
Kelompok yang lain menuliskan kelebihan dan
kekurangan kelompok yang presentasi.
4. Kegiatan akhir
a.
Kesimpulan
Siswa dengan bimbingan guru
menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
b.
Evaluasi
Siswa mengerjakan soal
evaluasi secara individu.
c.
Refleksi
Siswa mengungkapkan kesan atas
kegiatan pembelajaran hari ini.
d.
Tindak lanjut
Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa.
e.
Penutup (do’a dan
salam).
G.
Metode dan Model Pembelajaran
Metode : Ceramah, tanya jawab, pengamatan, dan
pemberian tugas.
Model : Example non examples.
H.
Media dan Sumber Belajar :
·
Media
1.
Gambar
2.
Lembar Kerja Siswa.
·
Sumber
Belajar
1.
Buku paket IPS SD/MI :
Nursa’ban, M. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial 3 untuk SD dan MI Kelas III. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Sunarso. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial 3 untuk SD dan MI Kelas III. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
2.
Buku paket Bahasa Indonesia SD/MI :
sulistyaningsih, Mei. 2007. Bahasa Indonesia 3: untuk Sekolah Dasar & Madrasah Ibtidaiyah kelas
III/oleh Mei Sulistyaningsih. – Jakarta:
Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
3.
Buku paket PKn SD/MI
Edy, Santoso. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan 3. Jakarta: Pusat
Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008
4.
Kurikulum 2006 (Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan) Mata Pelajaran IPS SD dan MI.
I. Penilaian
a.
Penilaian Proses
Prosedur :
penilaian diambil ketika proses pembelajaran berlangsung.
Jenis : perbuatan
Bentuk : kegiatan (aktivitas)
Alat : lembar pengamatan
b.
Penilaian Hasil
Prosedur :
penilaian diambil setelah pembelajaran berakhir.
Jenis : tes tulis
Bentuk : objektif dan subjektif
Alat : soal, kunci jawaban, dan
penskoran
J.
Lampiran
Lampiran 1 :
Rangkuman materi
Lampiran 2 :
Lembar Kerja Siswa
Lampiran 3 :
Lembar penilaian proses
Lampiran 4 :
Soal evaluasi dan kunci jawaban
Lampiran 5 :
Pedoman penskoran
Lampiran 1
RANGKUMAN MATERI
1.
Untuk memenuhi kebutuhan hidup, orang harus
bekerja.
2.
Pekerjaan yang menghasilkan barang misalnya
petani, peternak, penjahit, tukang kayu.
3.
Pekerjaan yang menghasilkan jasa atau
layanan misalnya guru, dokter, polisi.
4.
Dalam bekerja, orang harus memiliki semangat
kerja.
5.
Ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
antara lain kerja keras, jujur, dan disiplin.
|
LAMPIRAN
2
LEMBAR KERJA SISWA
Tanggal :
...................................
Nama :
...................................
Kelas :
………………………...
No.Abs :
…………………………
No.
|
Nama
Pekerjaan
|
Penjelasan
|
Jenis pekerjaan mana yang kamu senangi? Mengapa
demikian?
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
|
LEMBAR KERJA KELOMPOK
Nama kelompok:
Anggota :
1. 3.
2. 4.
|
______________________
_________________________________
_________________________________
_________________________________
_________________________________
_________________________________
________________________________
________________________________
________________________________
________________________________
Bercerita tentang
apa puisi tersebut?
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
|
1. Lembar Pengamatan Proses
No.
|
Nama siswa
|
Aspek yang Diamati
|
Kegiatan
|
||||||||
Keaktifan
|
Ketepatan
|
Keberanian
|
|||||||||
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
|||
Kriteria Skor :
- Aspek
keaktifan
A.
= Jika siswa aktif mengajukan tanggapan, dan pertanyaan.
B.
= Jika
siswa hanya aktif mengajukan pertanyaan atau tanggapan.
C.
= Jika
siswa tidak aktif mengajukan pertanyaan dan tanggapan.
- Aspek Ketepatan
A.
= jika siswa tepat menjawab pertanyaan yang
diajukan.
B.
= Jika
siswa kurang tepat menjawab pertanyaan yang
diajukan.
C.
= Jika
siswa tidak tepat menjawab pertanyaan yang diajukan.
- Aspek Kerjasama
A.
= Jika
siswa berani tampil secara sukarela
B.
= Jika
siswa berani tampil setelah ditunjuk oleh guru.
C.
= Jika
siswa tidak berani tampil.
Konversi Nilai Kualitatif ke dalam Nilai Kuantitatif
Nilai
Kualitatif
|
Nilai
Kuantitatif
|
A
B
C
|
86 – 100
71 – 85
56 – 70
|
Rumus Penilaian Proses :
= ………..
Keterangan
:
NP = Nilai
proses N2
= Nilai ketepatan
N1 =
Nilai kektifan N3
= Nilai keberanian
SOAL EVALUASI
Nama :
....................................
Kelas : .....................................
|
A. Pilihlah jawaban yang benar dengan
memberi tanda silang (X)
pada huruf
a, b, atau c!
1. Untuk
memenuhi kebutuhan, orang harus . . . .
a. meminta-minta b.
bekerja c.
belajar
2. Jenis
pekerjaan yang menghasilkan barang adalah . . . .
a. petani b. dokter c. sopir
3. Jenis
pekerjaan yang menghasilkan jasa adalah . . . .
a. peternak b.
dokter c. petani
4. Mau mengakui
kekurangan dan mau belajar lagi merupakan sikap . . . .
a. pemalu b.
berani c. jujur
5. Agar
pekerjaan tepat waktu, harus . . . .
a. jujur b.
disiplin c. santai
Badut
Wajahmu
sangat lucu
Membuat
semua yang melihat
Tak jadi
cemberut
Badut
………………………….
…………………………..
KUNCI
JAWABAN
A.
1. B
2. A
3. B
4. C
5. B
B. Subjektif
Pedoman
Penskoran
Penilaian
Hasil à Soal
Evaluasi
Skor = Jumlah soal yang
benar x bobot x 100
MES
Keterangan
: MES
(skor maksimal) = 20
Bobot tiap soal objektif = 2
Jumlah soal objektif = 5
Bobot tiap soal subjektif = 10
Jumlah soal subjektif = 1
Nilai Akhir
2
NA : Nilai Akhir
NP : Nilai Proses
NH : Nilai Hasil
PENILAIAN TERHADAP TEMAN
No.
|
Nama
|
Kelebihan
|
Kekurangan
|
No comments:
Post a Comment
Berkomentar lah dengan bijak.