Wednesday, May 11, 2011

RPP(Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran) kelas V pelajaran IPA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Kelas : V
Semester : 1
Mata pelajaran : IPA
Alokasi Waktu : efektif ± 200 menit

I. Standar Kompetensi
2. Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan.

II. Kompetensi Dasar
2.2 Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan
III. Indikator
• Menunjukkan tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan.
• Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang digunakan oleh manusia dan hewan untuk makanannya.
• Menjelaskan pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan sebagai sumber energi
IV. Kegiatan Belajar Mengajar
Kegiatan awal :
• Advace organizer
Guru menggali pengetahuan siswa mengenai materi yang akan dipelajari.
Misalnya :
“Anak-anak sebelum memulai pelajaran hari ini, Ibu ingin bertanya, siapa yang suka makan kentang??”
“iya Dian, mengapa kamu suka makan kentang?”
“Apakah kalian tahu dimana kentang menyimpan jadangan makanan?”
Motivasi dengan yel-yel penyemangat
Misalnya: tepuk semangat


Kegiatan inti :
• Guru menjelaskan manfaat tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan serta ketergantungan manusia dan hewan terhadap tumbuhan hijau.
• Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menuliskan tumbuhan apa saja yang bermanfaat bagi manusia dan hewan serta bagian mana yang bermanfaat.
• Guru meminta siswa maju untuk membacakan hasil pekerjaannya.
• Tanya jawab mengenai hasil yang telah dibacakan.
• Setelah sesi tanya jawab selesai guru mengajak siswa untuk mengenal lebih dalam tentang tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan.
• Guru memberi gambaran tentang cadangan makanan pada tumbuhan dengan menunjukkan gambar.
• Guru meminta anak bercerita tentang tumbuhan apa saja yang menyimpan cadangan makanan yang ada disekitar rumah
• Tanya jawab tentang materi yang telah disampaikan
• Memberi tugas LKS kepada semua siswa
• Membahas tugas LKS bersama-sama
Kegiatan akhir :
• Refleksi : guru menanyakan pada siswa tentang pembelajaran yang telah di lakukan. Guru memberi penguat atau penjelasan tentang hal-hal yang belum atau kurang jelas untuk siswa.
• Resume
Siswa dibantu oleh guru membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari hari ini.
• Tindak lanjut : guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengumpulkan data berupa gambar tentang benda-benda yang merupakan sumber energi.
V. Media & Sumber Pembelajaran
Media/alat
- Buku IPA SD untuk sekolah dasar kelas 5(tim bina karya guru)
Sumber Pembelajaran
- Lingkungan
- Buku
VI. Instrumen Evaluasi
- Evaluasi Proses
- Evaluasi Hasil

VII. Lampiran
Rangkuman Materi
Instrumen Evaluasi
Lembar Evaluasi
Kunci Jawaban Evaluasi
Tugas Individu (PR)

No comments:

Post a Comment

Berkomentar lah dengan bijak.