Wednesday, May 11, 2011

RPP(Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran) tematik kelas 2 tema keluarga

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Kelas : II
Semester : 2
Tema : keluarga
Alokasi Waktu : efektif ± 200 menit

I. Standar Kompetensi
Bahasa Indonesia
Mendengarkan :Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan
Berbicara : Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita
Membaca : Memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati
Menulis : Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak
Matematika
Melakukan perkalian dan pembagian bilangan 2 angka.
IPA
Mengenal berbagai sumber energy yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya


II. Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
Mendengarkan : Menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya
Berbicara : Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri
Membaca : Membaca nyaring teks (15-20 kalimat) dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis : Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi
Matematika
Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan 2 angka.

IPA
Mengidentifikasikan sumber energy (panas, listrik,cahaya, bunyi)

III. Indikator
Bahasa Indonesia
1. Membaca nyaring teks dengan lafal dan intonasi yang tepat
2. Memahami teks bacaan
3. Melengkapi kalimat sesuai isi teks bacaan
4. Menyimpulkan isi bacaan dengan bahasa sendiri

Matematika
1. Melakukan operasi perkalian yang menghasilkan bilangan 2 angka

IPA
2. Mengelompokkan alat alat rumah tangga yang menggunakan energi
3. Menceritakan cara menghemat penggunaan energi.

IV. Kegiatan Belajar Mengajar
Kegiatan awal :
• Advace organizer
Guru menggali pengetahuan siswa mengenai materi yang akan dipelajari.
Misalnya :
“Anak-anak sebelum memulai pelajaran hari ini, Ibu ingin bertanya, siapa yang sebelum tidur selalu mendengarkan dongeng dari Ayah/Ibu?”
“Iya Diah, dongeng apa yang pernah kamu dengar?”
“Apakah kalian senang mendengarkan dongeng?”
• Motivasi dengan yel-yel penyemangat
Misalnya: tepuk semangat


Kegiatan inti :
• Guru menjelaskan apa yang disebut dengan dongeng.
• Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menuliskan kembali dongeng yang pernah didengar dengan bahasa sendiri mengguanakan tulisan tegak bersambung.
• Guru meminta siswa maju untuk membacakan dongeng yang telah ditulisnya.
• Tanya jawab mengenai dongeng yang telah dibacakan.
• Setelah sesi tanya jawab selesai guru mengajak siswa untuk mengenal lebih dalam tantang energi.
• Guru memberi gambaran tentang energi di sekitar rumah dengan bercerita.
• Guru meminta anak bercerita tentang energi yang ada disekitar rumah
• Guru memberikan contoh mengenai konsep perkalian melalui kegiatan simulasi.
misal :
“ sebuah lampu membutuhkan daya 20 watt. Apabila dirumahmu ada 5 lampu, berapakah jumlah daya yang seluruhnya?”
• Tanya jawab tentang materi yang telah disampaikan
• Memberi tugas LKS kepada semua siswa
• Membahas tugas LKS bersama-sama
Kegiatan akhir :
• Refleksi : guru menanyakan pada siswa tentang pembelajaran yang telah di lakukan. Guru memberi penguat atau penjelasan tentang hal-hal yang belum atau kurang jelas untuk siswa.
• Resume
Siswa dibantu oleh guru membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari hari ini.
• Tindak lanjut : guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengumpulkan data berupa gambar tentang benda-benda yang merupakan sumber energi.
V. Media & Sumber Pembelajaran
Media/alat
- Buku dongeng
Sumber Pembelajaran
- Lingkungan
- Buku
VI. Instrumen Evaluasi
- Evaluasi Proses
- Evaluasi Hasil

VII. Lampiran
Rangkuman Materi
Instrumen Evaluasi
Lembar Evaluasi
Kunci Jawaban Evaluasi

No comments:

Post a Comment

Berkomentar lah dengan bijak.