SISTEM
INFORMASI MANAJEMEN
PT.
ASTRA INTERNATIONAL Tbk – TOYOTA SALES OPERATION
AFTER SALES (SERVICE) AUTO2000
BANYUWANGI
MAKALAH
NB: Buat yang mau copas, cantumin alamat blognya biar g cuman copas2 aja yaa
Lin.d
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Menyongsong
era globalisasi dewasa ini, Sistem Informasi semakin dibutuhkan perusahaan,
khususnya dalam meningkatkan kesehatan aliran informasi dalam perusahaan,
control kualitas, dan menciptakan aliansi atau kerjasama dengan rekanan
lainnya. Perusahaan yang sudah melakukan otomatisasi pada setiap lini
manajerialnya, perlu menindaklanjuti dengan membangun Sistem Informasi
Manajemen (SIM) yang integral dan terpadu.
SIM akan
menolong perusahaan-perusahaan dalam mengintegrasikan data, mempercepat dan
mengestimatisasi pengolahan data, meningkatkan kualitas informasi dan kontrol
manajemen, mendorong terciptanya produk-produk baru, meningkatkan layanan dan
control, mengotomatisasi sebagian pekerjaan rutin, dan menyederhanakan alur
kerja. Pendek kata, SIM beserta perkembangan teknologi pendukungnya akan memicu
transformasi besar dalam bidang bisnis dan manajemen
Pada zaman
modern/globalisasi seperti ini,
perkembangan sistem informasi dan teknologi semakin pesat. Keberadaan
pengolahan data menjadi suatu informasi dengan sistem komputer menjadi sangat
penting dan sangat di butuhkan. Dikarenakan sistem tersebut akan mempermudah
dan mempercepat suatu pekerjaan dalam suatu instansi untuk birokrasinya dan
perusahaan untuk manajemen produk barang / jasanya. Dan yang pasti, SIM (Sistem
Informasi Manajemen) ini selain akan mempermudah dalam penyelesaian suatu
pekerjaan, juga akan memudahkan suatu instansi / perusahaan untuk memberikan
terobosan - terobosan atau inovasi – inovasi terbaru guna untuk menunjang
pertumbuhan suatu instansi atau badan usaha untuk maju lebih pesat lagi.
PT
Astra International Tbk - Toyota Sales Operation merupakan salah satu divisi
operational dari PT Astra International Tbk yang dikenal juga dengan Auto2000
yang merupakan main dealer Toyota di Indonesia. Auto2000 merupakan autorizhed
dealer dari Toyota yang bertanggung jawab dalam hal sales, service dan spare
part.
AUTO2000 adalah jaringan jasa
penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang berdiri
sejak tahun 1975 dengan nama Astra Motor Sales, dan baru pada
tahun 1989 berubah nama menjadi AUTO2000 dengan manajemen yang sudah ditangani
sepenuhnya oleh PT. Astra International Tbk.
Saat ini AUTO2000 adalah retailer
Toyota terbesar di Indonesia, yang menguasai sekitar 45% dari total penjualan
Toyota. Dalam aktivitas bisnisnya, AUTO2000 berhubungan dengan PT.
Toyota Astra Motor sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Toyota,
yang menjadikan AUTO2000 adalah salah satu founder dealer resmi
Toyota.
Auto2000 Banyuwangi merupakan
bengkel baru yang menjadi icon dealer Toyota resmi dikawasan Banyuwangi.
Auto2000 Banyuwangi sendiri berdiri karena melihat potensi daerah Banyuwangi
yang semakin berkembang pesat dari berbagai sektor, termasuk industri otomotif
dan market share. Oleh sebab itu sistem informasi manajemen sangat diperlukan
dalam hal perkembangan Auto2000 diseluruh Indonesia pada kawasan Banyuwangi
khususnya. Makalah ini akan membahas lebih lanjut tentang sistem informasi manajemen
yang ada di Auto2000 Banyuwangi.
B. RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan
latar belakang tersebut dibuatlah rumusan masalah berikut ini.
1.
Apakah Sistem
Informasi Manajemen itu?
2. Apakah informasi yang terdapat di
PT. Astra International Tbk – TSO After
Sales (Auto 2000) Banyuwangi ?
3. Apakah data yang diperlukan dalam pengolahan sistem informasi
After Sales Auto 2000
Banyuwangi ?
C. TUJUAN
1.
Untuk mengetahui
pengertian sistem informasi manajemen.
2.
Untuk mengetahui
informasi yang terdapat di PT. Astra International
Tbk – TSO After Sales
(Auto 2000) Banyuwangi
3.
Untuk mengetahui
data
yang diperlukan dalam
pengolahan sistem informasi After Sales Auto 2000 Banyuwangi.
BAB II
PEMBAHASAN
A. SISTEM
INFORMASI MANAJEMEN
Sistem
Informasi Manajemen (SIM) bukan merupakan hal baru. Ruang lingkup SIM
sebenarnya tertuang pada tiga kata pembentuknya, yaitu “sistem”, “informasi”,
dan “manajemen”. Sistem merupakan kumpulan elemen yang saling berhubungan satu
sama lain yang membentuk satu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan. Di
dalam perusahaan, yang dimaksud elemen dari sistem adalah departemen-departemen
internal, seperti persediaan barang mentah, produksi, persediaan barang jadi,
promosi, penjualan, keuangan, personalia; serta pihak eksternal seperti
supplier dan konsumen yang saling terkait satu sama lain dan membentuk satu
kesatuan usaha. Informasi adalah hasil pemrosesan data yang diperoleh dari
setiap elemen sistem tersebut menjadi bentuk yang mudah dipahami dan merupakan
pengetahuan yang relevan. yang dibutuhkan oleh orang untu menambah pemahamannya
terhadap fakta-fakta yangada. Informasi bagi setiap elemen akan berbeda satu
sama lain sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.
Manajemen terdiri dari proses atau kegiatan
yang dilakukan oleh pengelola perusahaan seperti merencanakan (menetapkan
strategi, tujuan dan arah tindakan), mengorganisasikan, memprakarsai,
mengkoordinir dan mengendalikan operasi untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan. Dari ruang lingkup di atas, beberapa ahli telah memberikan rumusan
tentang sistem informasi manajemen, antara lain :
1.
SIM adalah pengembagan dan penggunaan sistem-sistem
informasi yang
efektif dalam organisasi-organisasi (Kroenke, David,
1989)
2.
SIM didefinisikan sebagai suatu sistem berbasis
komputer yang menyediakan
informasi bagi beberapa pemakai yang mempunyai
kebutuhan yang serupa.
Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu
sistem utamanya mengenai
apa yang telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang
terjadi sekarang dan apa
yang mungkin terjadi di masa depan. Informasi tersebut
tersedia dalam bentuk
laporan periodik, laporan khusus dan output dari
simulasi matematika.
Informasi digunakan oleh pengelola maupun staf lainnya
pada saat mereka
membuat keputusan untuk memecahkan masalah (Mc. Leod,
1995)
3.
SIM merupakan metode formal yang menyediakan informasi
yag akurat dan tepat waktu kepada manajemen untuk mempermudah proses
pengambilankeputusan dan membuat organisasi dapat melakukan fungsi perencanaan
,operasi secara efektif dan pengendalian (Stoner, 1996)
Dari
definisi-definisi di atas, dapat ditarik kesimpulan, bahwa SIM adalah suatu
sistem yang
dirancang untuk menyediakan informasi guna mendukung pengambilan keputusan pada
kegiatan manajemen dalam suatu organisasi.
B. INFORMASI DAN
DATA AFTER SALES (SERVICE) AUTO2000 BANYUWANGI
1.
After Sales (Service) Auto2000 Banyuwangi
AUTO2000 adalah jaringan jasa
penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang berdiri
sejak tahun 1975 dengan nama Astra
Motor Sales, dan baru pada tahun 1989 berubah nama menjadi AUTO2000
dengan manajemen yang sudah ditangani sepenuhnya oleh PT. Astra International Tbk.
Saat ini AUTO2000 adalah retailer Toyota
terbesar di Indonesia, yang menguasai sekitar 45% dari total penjualan Toyota.
Dalam aktivitas bisnisnya, AUTO2000 berhubungan dengan PT. Toyota Astra Motor sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM)
Toyota, yang menjadikan AUTO2000 adalah salah satu founder dealer resmi
Toyota.
AUTO2000 saat ini memiliki 96 outlet (terdiri dari 14
outlet V-hanya melayani jual beli kendaraan, 67 outlet VSP-melayani jual beli
& service kendaraan, & 15 outlet VSPBP-melayani jual beli, service,
perbaikan & pengecatan bodi kendaraan) yang tersebar di hampir seluruh
Indonesia (kecuali Sulawesi, Maluku, Irian Jaya, Jambi, Riau, Bengkulu, Jawa
Tengah dan D.I.Y). Di samping itu, AUTO2000 pun bekerjasama dengan 840 partshop
yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia, untuk menjamin keaslian suku
cadang produk Toyota. Ke depannya jumlah jaringan AUTO2000 pun akan terus
bertambah seiring dengan pertumbuhan bisnis, serta untuk memenuhi kebutuhan
seluruh pelanggan Toyota, serta memberi kemudahan bagi calon pembeli Toyota.
Salah satu cabang Auto2000 adalah Auto2000 Banyuwangi.
AUTO2000 Banyuwangi merupakan dealer resmi toyota yang melayani jasa penjualan,
perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang berdiri sejak Desember
2014. Sesuai dengan slogan umum Auto2000 “Urusan Toyota Jadi Mudah!”, AUTO2000 Banyuwangi senantiasa
berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh pelanggannya dalam
membeli & memiliki kendaraan Toyota melalui :
- Kemudahan dalam mencari informasi tentang Toyota di AUTO2000 Banyuwangi melalui website, aplikasi mobile, & call center yang dapat diakses kapanpun & dimanapun.
- Kenyamanan bagi pelanggan dengan fasilitas outlet AUTO2000 Banyuwangi yang modern, warm, & pressure free.
- Kemudahan & kenyamanan transaksi dengan layanan one stop shopping service AUTO2000 Banyuwangi yang bekerjasama dengan berbagai value chain
- Kemudahan dalam mendapatkan kendaraan sesuai kesepakatan, tepat waktu, dan melampaui harapan pelanggan.
- Kemudahan mendapatkan jasa layanan after sales service terbaik selama kepemilikan kendaraan, dengan berbagai project penunjang yang inofatif.
After Sales Service Auto2000 Banyuwangi melayani berbagai macam
perawatan dan penyediaan suku cadang yang lengkap untuk kendaraan bermerk
Toyota lama maupun baru. Berikut informasi layanan after sales Auto2000
Banyuwangi:
1. Express Maintenance – kehandalan serta kecepatan perawatan kendaraan
& service berkala kurang dari 1 jam
2. General Repair – perawatan kendaraan secara umum tanpa keluhan yang
dikerjakan oleh mekanik terpilih.
3. Service Berkala eksternal –perawatan kendaraan secara berkala setiap 6
bulan sekali kelipatan 10.000 km
4. Service
Berkala Internal – perawatan pertama kendaraan atau pengecekan awal setelah
1bulan pengiriman atau 1000km secara gratis.
5. Service Plus
– Kebersihan kendaraan setelah service yang selalu dijaga.
6. Booking Service – kemudahan pemesanan untuk memastikan pengerjaan
perawatan kendaraan yang berkualitas
7. Maintenance Reminder System – layanan/jasa pengingat bagi
pelanggan dalam melakukan pengecekan, perawatan, serta service berkala untuk
memastikan kualitas kendaraan Toyota tetap prima.
8. Serta
berbagai produk inovatif lainnya yang akan senantiasa AUTO2000 Banyuwangi hadirkan
bagi pelanggan untuk merasakan “Life is
Easy”.
2. Sistem
Informasi After Sales Auto2000 Banyuwangi
After Sales
Auto2000 Banyuwangi merupakan jaringan dari Auto2000, After Sales dalam bahasa
umum disebut juga service. After Sales (Service) merupakan pekerjaan yang
dilakukan setelah penyerahan kendaraan oleh sales Auto2000 Banyuwangi. After
Sales (Service) mempunyai banyak sekali sistem informasi, mulai dari penerimaan
hingga penyerahan kendaraan ketika service. Disini saya akan membahas seacara
garis besar mulai kendaraan yang akan diservice diterima bengkel hingga
diserahkan kembali kepada pelanggan.
-penerimaan
1. Ketika
kendaraan masuk ke bengkel, valley memasukkan nomor polisi kendaraan kedalam
sistem agar masuk antrian, dalam sistem valley ada 3 pilihan kendaraan booking,
nonbooking, dan other GR. Untuk kendaraan booking lebih diprioritaskan karena
pelanggan telah memesan tempat dan jam service sehari atau 2 hari sebelum
service bagi customer non booking akan tetap diterima tetapi mengantri.
2. Nomor
polisi yang sudah dimasukkan ke sistem oleh valley akan secara otomatis masuk
ke sistem Service Advisor(SA), SA menekan antrian sehingga nopol customer
terpanggil contoh “Nopor polisi P 1234 VR dipersilahkan menuju counter 3”. Setelah
itu SA akan menanyakan customer keluhan kendaraannya.dan membuatkan Perintah
Kerja Bengkel (PKB).
3. PKB
diserahkan kepada PTM (Pembagi tugas Mekanik), PKB dibawa mekanik untuk
mengerjakan kendaraan sesuai dengan yang ada di PKB. Setelah diservice
kendaraan akan di cek kembali oleh foreman. Setelah dicek kendaraan akan dibawa
ke stall cuci untuk service plus.
C. ULASAN INFORMASI DAN DATA AUTO2000 BANYUWANGI
Buat
uraian terhadap sistem yang anda amati menurut karakteristik sistem
Karakteristik
Sistem terdiri dari komponen, batas, lingkungan, penghubung, masukan,
pengolahan, keluaran, sasaran, tujuan, kendali, umpan balik. Disini akan dibahas
informasi dan data yang diperoleh di After Sales (Service) Auto2000 Banyuwangi
sesuai dengan karakteristik sistem.
l Komponen (component) : sesuatu yang menjadi bagian sistem (benda, aturan, orang)
Komponen yang menjadi bagian
dari sistem Service Auto2000 Banyuwangi yaitu: Customer, Kendaraan, Service
Advisor, Mekanik, Aturan Perusahaan.
l Batas (boundary) : sesuatu yang membedakan dengan sistem lainnya
Sistem di Auto2000
Banyuwangi memiliki batasan tertentu yang berbeda dengan sistem diperusahaan
lain yaitu pada jaringan. Auto2000 memiliki jaringan yang disebut Corpai yang
hanya bisa diakses oleh karyawan Auto2000 yang memiliki username dan password.
Jaringan Corpai hanya bisa digunakan untuk web Astra.
l Lingkungan (environment) : sesuatu yang berada di luar sistem (mempengaruhi
sistem)
Ada aspek yang berada diluar
sistem Auto2000 namun berpengaruh jika tidak ada, yaitu: karyawan, karyawan
merupakan aspek penggerak sistem yang tanpa karyawan sistem tidak bisa berjalan
karna setiap karyawan memiliki otoritas masing-masing dalam mengendalikan
sistem.
l Penghubung (interface) : menjembatani fungsi antar komponen
Pada sistem service Auto2000
ada salah satu sistem yang menjembatani fungsi sistem antar komponen yaitu
Pembagi Tugas Mekanik (PTM) PTM bertugas menjembatani komunikasi antara mekanik
dengan Service Advisor(SA). Informasi kendaraan yang diperoleh dari customer
oleh SA akan diberikan kepada PTM, dan dari PTM akan diberikan kepada mekanik.
l Masukan (input)
: sesuatu yang digunakan sebagai bahan untuk diolah lebih lanjut
Masukan atau input diperoleh
dari mekanik setelah kendaraan dikerjakan, dari penngerjakan mekanik tahu
kerusakan kendaraan customer dan saran penggantian untuk customer.
l Pengolahan (processing) : Kegiatan memproses bahan masukan menjadi hasil
keluaran.
Saran yang diperoleh mekanik
dari hasil proses pengerjaan akan disampaikan kepada SA, kemudian oleh SA
disampaikan kepada customer. Dari situ Customer bisa menentukan saran yang
disampaikan bisa diterima dan dikerjakan lebih lanjut atau tidak.
l Keluaran (output) : berbagai macam bentuk yang dihasilkan melalui pengolahan.
Dari hasil keputusan customer mekanik akan mengerjakan
kendaraan sesuai dengan yang diperintahkan.
l Sasaran (objevtive) : sesuatu yang ingin dicapai dalam jangka pendek dan
atau panjang
Sasaran Auto2000 adalah
hasil service tanpa masalah.
l Tujuan (goal)
: pencapaian akhir yang hendak dicapai dalam waktu yang panjang.
Tujuan Auto2000 adalah
menjaga kepuasan customer terhadap hasil service kendaraan dan pelayanan yang
diberikan kepada customer selama proses pengerjaan kendaraan.
l Kendali (control) : menjaga sistem agar tetap berjalan sesuai rencana dan tujuannya
Kepalah bengkel memegang
kendali penuh terhadap sistem yang ada pada bagian Service . Karena Kepala
bengkel yang melihat pencapaian target dari masing-masing karyawan agar bengkel
berjalan sesuai rencana dan tujuannya.
l Umpan Balik (feed back) :mengukur operasional proses sistem (mengembalikan
kondisi menyimpang menjadi standar)
Meeting mingguan menjadi agenda rutin yang dilakukan
untuk menjaga sistem agar tetap standard sesuai dengan kodawari dan aturan
perusahaan.
- Menurut klasifikasi sistem termasuk dalam jenis apa
Sistem diklasifikasikan kedalam beberapa bagian yaitu
l Sistem Abstrak dan Sistem Fisik
l Abstract system : tidak tampak nyata (OS, program
komputer)
l Physical System : Tampak nyata bisa dijamah (komputer,
manusia)
l Sistem Alamiah dan Sistem Buatan
l Natural system : terjadi dengan sendirinya (sistem
tata surya)
l Human made system : hasil karya manusia (komputer,
mobil)
l Sistem Tertentu dan Sistem Tak Tentu
l Deterministic system : diprediksi dan dideteksi dengan
pasti
l Probablilistic system : prediksi tidak pasti, ada
probabilitas
l Sistem Tertutup dan Sistem Terbuka
l Closed system : tidak dipengaruhi lingkungan diluar
sistem, menerima masukan tertentu menghasilkan keluaran tertentu
l Open system : dipengaruhi lingkungan luar, menerima masukan
dari subsitem lain dan memberikan keluaran untuk subsistem lain
.
Jika
disesuaikan dengan klasifikasi tersebut sistem di Auto2000 Banyuwangi merupakan
sistem abstak dan sistem terbuka.
Sistem
abstrak karena sistem di Auto2000 merupakan program komputer dan sistem terbuka
karena sistem tersebut masih dapat dipengaruhi oleh lingkungan luar yaitu para
penggunanya yang memiliki otorisasi masing-masing.
- Buat uraian terhadap informasi yang dihasilkan sistem tersebut menurut fungsi informasi
Jika disesuaikan dengan Fungsi Informasi, informasi
yang dihasilkan dari sistem di Auto2000 banyuwangi bagian service memiliki
fungsi sebagai berikut:
-
Menambah
pengetahuan, pengetahuan mengenai jenis tipe kendaraan, keluhan, problem, dan
karakteristik customer yang berbeda. Keluhan yang ada dijadikan pelajaran untuk
keluhan yang sama dihari berikutnya.
-
Mengurangi
ketidakpastian, jika problem yang dikerjakan sama dan ternyata sudah pernah
dikerjakan bisa dipastikan kendaraan bisa ditangani atau tidak oleh mekanik
sesuai dengan keluhan tersebut.
-
Mengurangi
resiko kegagalan, (mekanik, foreman, dan SA saling bekerjasama dalam pengerjaan
kendaraan) mencoba berkali-kali hingga tidak ditemukan lagi problem pada
kendaraan dan keluhan customer dapat teratasi.
-
Mengurangi keanekaragaman/varian,
di Auto2000 hanya melayani kendaraan khusus Toyota selain kendaraan Toyota
Auto2000 tidak melayani.
-
Memberi standar
(aturan/ukuran/batasan), setiap mekanik punya kemampuan pengerjaan
masing-masing. Untuk pengerjaan berat dengan berbagai kendala dan keluhan PTM
akan memberikan kepada mekanik yang berkompeten, untuk pekerjaan ringan kepada
mekanik junior.
- Kelompokan informasi yang dihasilkan menurut level manajemen
-
Perencanaan dan
Pengendalian Operasional (Low level management)
Service Adivisor,
Technical Leader, Foreman, Billing, Kasir, Booking, Mekanik, Valley, Security.
-
Perencanaan
taktis dan Pengendalian manajemen (Midle level management)
Kepala Bengkel
-
Perencanaan
strategis (Top level management)
Kepala Cabang
Yang digambarkan dalam
diagram sebagai berikut
![]() |
|||||||||
![]() |
|||||||||
![]() |
|||||||||
|
|||||||||
|
|||||||||

BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
SARAN
DAFTAR PUSTAKA
No comments:
Post a Comment
Berkomentar lah dengan bijak.